Jangan Lupa Siapkan Hal Ini sebelum Anda Mudik dan Bertemu dengan Keluarga Anda dengan Bahagia
2017-06-19 16:59:34

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…..

Menurut Wikipedia sendiri Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Biasanya kata Mudik sangat boom saat musim Lebaran tiba, karna di saat Lebaran menjadi salah satu momentum untuk masyarakat Indonesia pulang ke kampung halaman atau dinamakan mudik.

Tiap tahunnya ketika menjelang Lebaran tiba, maka istilah mudik ini menjadi hal yang akan sangat sering kita dengar.

Tapi pernahkan kita penasaran dan bertanya, mengapa pulang kampung saat lebaran itu dinamakan mudik?

         

 

Istilah mudik ternyata punya arti tersendiri lo, mau tau artinya?

 

Jika menurut Wikipedia, mudik diartikan adalah sebagai kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.

Namun ternyata kata mudik ini sebenarnya merupakan singkatan yang berasal dari Bahasa Jawa Ngoko.

Kata mudik merupakan singkatan dari 'mulih dilik' yang artinya adalah pulang sebentar.

Jadi sebenarnya kata mudik ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Lebaran.

          

 

Mudik ? Perhatikan beberapa hal di bawah :

Pulang kampung atau mudik  merupakan saat ini dimana para perantau / mereka yang jauh dari keluarga besar menggunakan kesempatan ini untuk bisa berkumpul dengan keluarga di kampong / daerah asal.

Faktor untuk yang perlu di perhatikan pada saat mudik yaitu Tubuh yang fit dan kendaraan yang siap tempur jadi modal utama perjalanan pulang kampong, dan berikut hal di bawah ini juga merupakan hal yang sangat anda perhatikan agar anda sampai di kampong halaman dengan lancer dan selamat.

Hal yang paling Utama yang harus anda perhatikan yaitu Kendaraan yang anda gunakan dan kesehatan tubuh anda.

1.      Kendaraan

Mudik bisa dilakukan dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika mudik dengan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk mengecek keadaan kendaraan Anda.

a.      Periksa BAN

Dalam mengendarai motor / mobil, ban adalah satu-satunya penghubung antara jalanan dengan motor/mobil. Sehingga apapun yang kita lakukan, menambah kecepatan atau mengurangi kecepatan, sangat bergantung pada kondisi ban. Pastikan keadaan kelayakan ban kendaraan anda, dan ketepatan angin ban kendaraan yang anda kendarai.

b.      Periksa REM

         

Rem merupakan hal yang sangat anda perhatikan saat mengendarai kendaraan. Sebelum anda berangkat, pastikan dulu REM kendaraan anda. Cara mendeteksi kondisi rem adalah dengan merasakan apa yang terjadi ketika anda mengerem kendaraan anda tersebut. Jika ada terasa seperti terhambat, kondisi rem harus diperiksa ke service center motor terlebih dahulu. Hal ini terkadang jadi sumber terjadinya rem blong jika tak segera ditangani. Selain itu jika getaran atau bunyi terjadi ketika mengerem, juga merupakan pertanda Anda harus memeriksa disc brake Anda. Selain itu bau hangus juga menandakan kebocoran kaliper. Pastikan semua itu tak terjadi sebelum anda berangkat mudik menggunakan mobil maupun kendaraan lainnya.

c.       Sesuaikan penumpang / Beban Kendaraan Anda

Hindari membawa barang terlalu banyak karena justru menyusahkan diri sendiri. Bawa barang yang memang sangat dibutuhkan terutama bagi wanita yang seringkali membawa banyak baju dan makeup. Pilih makeup yang multifungsi dan kemasannya kecil agar lebih mudah dibawa.

         

Jika Anda membawa banyak koper atau oleh-oleh untuk dibawa mudik ke kampong halaman, pastikan jangan membuat kendaraan anda terlalu penuh. Taruh di tempat yang aman dan jangan sampai meletakkannya di rooftop jika anda menggunakan mobil. Meletakkan barang di rooftop dapat menyebabkan kendaraan sulit menangani kondisi darurat.

d.      Peralatan Darurat

Peralatan darurat adalah hal yang paling wajib di bawa ketika mudik / pulang kekampung. Anda tentu tak ingin kendaraan anda mogok di tengah jalan yang sepi tanpa ada yang bisa anda lakukan. Selain sebagai tindakan saat keadaan darurat terjadi, peralatan darurat tentu berguna untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

          

Berbagai barang-barang / peralatan darurat yang harus anda bawa saat mudik / pulang kampong adalah buku manual mobil / motor, tool kit, pisau lipat, perangkat pengganti ban, dongkrak, ban cadangan, kunci roda, segitiga pengaman, kotak P3K, jas hujan, senter, serta sarung tangan pengaman, dan lain sebagainya.

2.      Tubuh yang FIT

Seperti yang saya bahas di awal, saat pulang ke kampung halaman hal yang utama yang harus anda lakukan yaitu menjaga kesehatan tubuh anda. Jalan yang macet dan cuaca yang panas bisa menjadi tantangan tersendiri saat pulang kampung . Terlebih saat masih harus berpuasa, kesabaran harus dilipatgandakan. Jagalah kesehatan selama perjalanan mudik. Cukupkan asupan air dan makanan saat sahur. Usahakan untuk mengkonsumsi vitamin, buah-buahan dan madu saat buka dan sahur.

disaat anda berbuka puasa anda jangan langsung meminum air dingin. Juga jangan terlalu lama menahan buang air kecil karena bisa membahayakan kandung kemih. Tidurlah jika lelah atau bergantian menyetir jika sudah tidak kuat. Memaksakan mata melotot saat mengantuk hanya akan membuat potensi kecelakaan makin besar. 

            Agar tubuh anda tetap fit saat di perjalanan, siapkan hal hal di bawah :

a.       Bekal

Persiapkan bekal makanan yang cukup selama perjalanan. Namun bila kamu menjalankan ibadah puasa, persiapkan bekal makanan kecil untuk berbuka puasa. Pilih makanan kering karena perjalanan dalam waktu panjang membuat makanan basah tidak tahan lama. Bila kamu membawa nasi dan lauk pauk sebaiknya perkirakan untuk dimakan pada saat buka puasa masih dalam kondisi baik.

b.      Hindari Mengonsumsi Makanan di Tepi Jalan

Lebih baik kamu membawa bekal sendiri karena kebersihannya bisa terjaga dengan baik. Bila harus membeli di luar sebaiknya pilih makanan yang tertutup dan kemasannya bagus. Periksa juga tanggal kadaluarsa agar makanan tetap aman dikonsumsi. Hati-hati karena kondisi mendesak dalam perjalanan seringkali tidak memperhatikan makanan yang kita konsumsi.

c.       Vitamin / Obat – Obatan

Vitamin juga sangat membantu agar tubuh anda tetap terjaga pada saat di perjalanan. Juga Jangan lupa membawa obat-obatan kecil seperti minyak kayu putih, obat diare, obat sakit kepala dan mual muntah. Selain itu bawa obat-obatan penting yang harus kamu gunakan karena penyakit tertentu. Kondisi perjalanan selama mudik / pulang kampung tidak bisa diprediksi. Obat-obat ini menjadi pertolongan pertama saat kamu berada dalam perjalanan.

      

Hal Lain yang perlu anda perhatikan selain diatas yaitu :

1.      Rasa Kantuk

Mengantuk merupakan masalah yang paling sering dihadapi para pengendara mobil ataupun motor saat menempuh perjalanan panjang saat musim mudik / pulang ke kampung halaman. Mengantuk saat berkendara harus dihindari agar mudik berjalan lancar dan aman sampai kampung halaman.

         

Apabila anda merasakan mulai mengantuk, dianjurkan Jangan memaksakan diri untuk berkendara. Menjelang pagi rasa mengantuk biasanya sudah tidak tertahan saat mudik dan itu perlu dikendalikan. Istirahat tidur sejenak agar selamat sampai tempat tujuan. 

Jika mengantuk berat, berhentilah berkendara. Mengantuk saat berkendara bisa mencelakakan diri sendiri dan orang lain, jangan mengambil Resiko .

Anda juga perlu memperhatikan tanda-tanda mengantuk yang mulai berbahaya, yang diantaranya adalah:
 

·         Sering Kehilangan konsentrasi, ditandai dengan sering mengerjapkan mata atau mata terasa sangat berat untuk dibuka.

·         Sulit mengingat apa-apa yang sudah dilewati, atau bahkan melewatkan beberapa rambu lalu lintas.

·         Pikiran menerawang.

·         Sering menguap dan mengusap-usap mata.

·         Sulit menjaga kepala dengan posisi tetap tegak.

·         Sering melanggar marka-marka jalan tanpa disadari.

·         Capek dan mudah terpancing emosi.

 

2.      Hindari Mengonsumsi yang barbau Alkohol

Alkohol adalah zat yang menekan sistem saraf pusat. Perasaan beberapa orang yang meminum akohol dan mengalami rasa senang (stimulasi) lebih disebabkan karena fungsi yang lebih tinggi dari otak yaitu fungsi inhibisi yang terhambat. Hal ini menyebabkan orang yang meminum alkohol menjadi berani, tidak  berpikir rasional dan penilaiannya terhadap lingkungan terganggu. 

         

Di otak, alkohol pertama menekan fungsi otak yang tinggi yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikutnya alkohol akan memengaruhi fungsi motorik sederhana, waktu reaksi dan penglihatan. Keseimbangan, koordinasi dan persepsi sensorik adalah yang akan terganggu karena alkohol.

Hal inilah yang membuat orang yang meminum alkohol akan sangat berbahaya sekali jika mengendarai kendaraan. Selain proses pikirnya dan kemampuan penilaian lingkungannya terbatas, orang yang dalam pengaruh alkohol juga kehilangan fungsi motorik normalnya. Bahkan konsentrasi alkohol yang berlebihan 
di otak akan menyebabkan pingsan, koma dan bahkan jika terus dapat berdampak kematian.

Konsumsi alkohol dapat mengurangi kesadaran. Kadar alkohol dalam darah mencapai 0,05 mg/dl sangat berbahaya.

3.      Hindari Bertelepon saat sedang berkendara / menyetir

Menurutnya, zaman sekarang penggunaan ponsel sudah menjadi kebiasaan buruk saat berkendara.

·         Menggunakan HP saat berkendaraan ternyata jauh lebih berbahaya daripada berkendaraan saat mabuk.

·         Ber SMS saat berkendara 6 (enam) kali lebih memungkinkan menyebabkan kecelakaan dibandingkan berkendara saat mabuk.

·         Hampir 23% kecelakaan disebabkan oleh menelpon pake HP saat berkendara.

·         Berkendara sambil menelepon bisa membuat otak bereaksi (meski masih remaja) seperti otak para manula yang berusia 70 tahun

         

4.      Kecepatan

Perhatikan kecepatan saat berkendara. Jangan sampai mengemudi dengan kecepatan tinggi. Polisi tidur atau simpangan dengan topografi yang sengaja dibuat khusus dapat menurunkan kecepatan kendaraan. Itu akan memicu peluang terjadi kecelakaan.

 

Itu saja beberapa hal yang perlu di perhatikan saat mudik.

Semoga perjalan anda lancar dan sampai di kampung halaman dengan selamat.

 

 
 
 
 



© 2014 - 2017 G-Land Property