Ini dia Alasan iPhone Memilik RAM Kecil
2017-06-16 15:55:54

     Siapa yang tak tau smartphone yang satu ini, ya iphone. iPhone? Ya, smartphone ini sedang booming terutama di Indonesia. Produk Apple ini sedang banyak diminati oleh pengguna smartphone Indonesia. Alasannya, karena modelnya yang elegan, pengoperasiannya yang mudah, lebih cepat dalam menjalankan aplikasi atau karena kameranya yang bagus. Tapi tau kah Anda kalo iPhone termasuk smartphone yang berkapasitas RAM kecil?

     iPhone adalah jajaran telepon pintar yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. iPhone menggunakan sistem operasi telepon genggam iOS Apple yang dikenal dengan nama "iPhone OS"

     Sejarah iPhone dimulai saat Steve Jobs, CEO dari Apple Inc. memerintahkan ilmuwan-ilmuwan Apple untuk mempelajari secara lebih mendalam teknologi layar sentuh. Pengembangan dari unit iPhone itu sendiri dimulai nyaris 10 tahun sebelum iPhone pertama diluncurkan di pasaran. Pada tahun 1999, Apple mematenkan hak untuk menggunakan nama domain iphone.org Beberapa tahun kemudian, Apple mengumumkan rencana mereka untuk berinvestasi dalam bisnis telepon genggam.

         

     Seperti yang diketahui, RAM (Random Acces Memory) adalah tempat penyimpanan sementara saat perangkat komputer / smartphone dijalankan dan di akses secara acak. Singkatnya, RAM adalah komponen yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi. Jadi semakin besar RAM suatu perangkat maka semakin cepat pula perangkat tersebut menjalankan aplikasi. iPhone adalah salah satu smartphone yang terkenal cepat dalam menjalankan aplikasi, namun smartphone ini berkapasitas RAM kecil.

         

     Mengapa Iphone berkapasitas RAM kecil ?? Jika dibandingkan dengan Smartphone lainnya, RAM iPhone memang kecil, namun kecepatan perangkat berbasis iOS ini bisa bersaing dengan smartphone lain seperti Android. Jika RAM diibaratkan sebuah jalan yang membawa informasi ke processor dan informasi - informasi tersebut diibaratkan kendaraan, maka logikanya semakin besar jalan (RAM) lalu lintas menuju processor semakin lancar. Namun disinilah keunggulan iPhone, bukan memperlebar jalan, iPhone mengecilkan kendaraan (informasi yang di kirim ke processor) jadi meskipun RAM tidak terlalu besar namun lalu lintas tetap bisa lancar. iOs (Apple) menggunakan bahasa pemrograman objectiv-C dan sekarang diperbaharui dengan bahasa swift, jadi meskipun kapasitas RAM kecil tapi aplikasi tetap lancar berjalan.

     Walaupun banyak orang awalnya merasa ragu akan kemampuan performa iPhone, terutama Iphone 6 dan iPhone 6 Plus yang hanya memiliki RAM 1GB, performa RAM 1GB yang ada dalam duo iPhone 6 terbukti lebih cepat ketimbang smartphone Android yang sudah mulai mengadopsi RAM hingga 3GB sekalipun.

     Masih ingat ketika Apple memperkenalkan iPhone 6 dan 6 plus namun ternyata masih menggunakan memori RAM 1GB? Berapa banyak orang yang menertawakannya? RAM 1 GB dianggap sebagai sesuatu yang hina karena kemungkinan besar akan bekerja layaknya sebuah perangkat murah. Namun apa benar begitu?  Tidak !

     Sistem operasi iOS merupakan sistem operasi buatan Apple yang hanya dioptimalkan dan diintegrasikan dengan perangkat keras buatan Apple. Selain itu, pendekatan iOS dalam hal manajemen memori jelas berbeda dengan sistem operasi lain yang ada. Setidaknya seperti yang dilansir CultofMac menjelaskan bahwa iOS memiliki pendekatan berbeda.

     Misalnya saja Android, karena mereka menggunakan Java maka mereka akan mempunyai fitur yang disebut dengan garbage collection. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan dan mendaur-ulang memori yang sudah digunakan aplikasi. Bermanfaat? Memang, namun ada efek sampingnya. Fitur ini juga butuh memori untuk bisa berjalan. Hal inilah yang menyebabkan Android menjadi lebih mudah lemot jika memori RAM mereka sangat sedikit.

     Hal inilah yang menyebabkan Android membutuhkan memori yang besar untuk menjalankan fungsi tersebut. Tidak heran jika Android sering terasa lemot jika punya RAM kurang dari 2GB, karena meskipun garbage collection bermanfaat namun butuh memori tambahan juga.

    Sedangkan iOS sama sekali tidak memiliki pendekatan fitur seperti pada Android seperti yang dilansir CultoMac ini. Jadi, iOS hanya menggunakna memori jika memang dibutuhkan dan melepasnya saat dibutuhkan. Tidak perlu lagi tambahan memori untuk menjalankan sesuatu seperti garbage collection di Android.

     Saat ini pun, iPhone 5s yang masih memiliki memori RAM 1GB juga masih layak kok dibeli. Kinerjanya juga masih mantap untuk menjalankan game berat seperti Asphalt 8, Halo: Spartan Assault, GTA San Andreas, dan Infinity Blade III. Kinerjanya juga tertolong dengan dukungan prosesor A7 dan co-prosesor M7 yang sudah berarsitektur 64-bit.

    Itulah alasan Kenapa iPhone Berkapasitas RAM kecil? Meskipun kapasitas RAM iphone kecil hal tersebut tidak menjadi sebuah kekurangan. Jadi kesimpulannya adalah RAM iPhone memang kecil, tapi karena OS nya yang mampu mengecilkan data - data yang harus diproses jadi iPhone tidak akan menjadi lemot meskipun membuka banyak aplikasi.

     Selain dari segi Ram dan Prossecornya, Iphone juga memiliki banyak kelebihan lainnya, seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

a.       Desain

         

     Seperti yang kita ketahui, desain iphone benar benar elegan dan ramping. Dengan sejumlah pengecualian, seperti HTC One dan Xiaomi Mi Note, tidak ada banyak ponsel Android yang memiliki desain luar biasa. Umumnya, terlihat tebal dan berbahan plastik. IPhone secara konsisten memiliki desain yang elegan dan berkelas. Tak heran banyak kalangan atas lebih menyukai ponsel keluaran Apple ini.

b.      Kamera

         

     Ada sedikit sekali ponsel Android yang dilengkapi dengan fitur kamera sebagus yang ada di iPhone 6 (selain Samsung Galaxy Note 4 yang memang cukup menonjol). Kamera iPhone 6 mampu menghasilkan foto yang sangat bagus, termasuk kemampuan untuk mengambil gambar dalam slow motion serta video time lapse. Ditambah lagi, menurut berita yang beredar, iPhone generasi berikutnya akan dilengkapi fitur kamera dengan kemampuan setara dengan kamera DSLR, canggih bukan ? :-d

c.       Fingerprint Sensor

         

     Sejumlah pembuat ponsel Android seperti Samsung, HTC, Xiomi dan lain lain telah mencoba menambahkan fitur sensor sidik jari, tetapi tidak satupun dari mereka yang mampu menandingi keakuratan sensor TouchID pada iPhone.  Beberapa tahun yang lalu, Apple membeli sebuah perusahaan bernama AuthenTec yang membuat sensor sidik jari untuk perangkat mobile. Sejak saat itu, belum ada perusahaan lain yang mampu mengalahkan teknologi pada TouchID.

d.      APP

         

      Meskipun iPhone memiliki pangsa pasar yang lebih kecil, para developer lebih tertarik untuk menciptakan aplikasi terbaik untuk iOS. Dimana Anda kerap menjumpai aplikasi yang sama pada Android, aplikasi tersebut terkadang memiliki fitur dan tampilan tidak sebagus aplikasi pada iPhone.

e.       Software

     Google merilis versi baru dari Android sekitar setahun sekali, seperti halnya yang dilakukan Apple pada iOS. Namun banyak pengguna Android tidak bisa mendapatkan update software terbaru kecuali mereka membeli ponsel baru. Pasalnya, para pembuat ponsel Android maupun operator kerap tidak menyediakan update Android versi terbaru sampai beberapa bulan setelah Google merilisnya. Sebaliknya, semua model iPhone saat ini bisa mendapatkan update terbaru iOS segera setelah update dirilis.

f.       Apple Pay

     Sampai saat ini Apple merupakan satu-satunya perusahaan yang telah menciptakan sebuah platform pembayaran mobile (Apple Pay) yang mudah digunakan dan diterima oleh ritel besar. Selain itu, Apple memiliki dukungan dari sebagian besar perusahaan kartu kredit dan bank di dunia.

g.      Homekit

     Apple rencananya akan meluncurkan sebuah platform terbaru yang disebut HomeKit. Kegunaan platform ini yaitu untuk mengontrol peralatan elektronik rumah tangga via iPhone atau iPad. Jika rencana tersebut benar-benar terwujud, produk buatan Apple tersebut tentunya makin dicintai oleh para pengguna setianya.

 

     Nah, itu saja beberapa keunggulan iphone. Mungkin ada lagi kelebihan – kelebihan lainnya yang teman teman ketahui, dan bisa sama sama mengesharenya..

 

 

 



© 2014 - 2017 G-Land Property