Apa yang Salah dengan Iklan saya ?
2017-06-15 16:48:29

Pengertian Iklan adalah hal yang wajar untuk kita ketahui, karena seiring berkembangnya jaman semakin maju kita banyak sekali melihat berbagai macam ragam bentuk dan model iklan-iklan, sehingga jangan sampai kita hanya melihat saja tanpa mengetahui pengertian dari iklan itu sendiri.

Mungkin anda sudah sering mendengar kata iklan bahkan mungkin sudah bosan sekali berhubungan dengan yang namanya iklan. Tapi itulah kenyataan yang harus kita hadapi dalam perkembangan dunia bisnis dan system pemasaran produk barang atau jasa, karena tanpa bantuan iklan akan kesulitan sekali dalam melakukan proses manajemen pemasaran demi kelangsungan pemenuhan kebutuhan dan kepuasan masyarakat. Pengertian iklan sebenarnya bukan hal yang sulit di pahami dan kita semua bisa mendefinisikan iklan sesuai keadaan iklan yag kita jumpai berdasarkan pengertian yang kita anggap itu cocok.

Pengertian iklan adalah “ kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya”.

Menurut Lofton (2004) mengatakan bahwa iklan tidak hanya hangat tetapi juga harus jelas. Untuk itu diperlukan perhatian khusus hari demi hari untuk dapat memberikan sajian iklan yang terkini dan sesuai dengan konteks perhatian masyarakat sesuai dengan sasaran iklan.

Didalam dunia periklanan, tentunya terdapat berbagai macam fungsi dan tujuan dari sebuah iklan yang tayang diberbagai media. Namun secara umum kita mengenalnya sebagai sebuah promosi perusahaan atas produk-produk yang akan kita tawarkan kepada public/masyarakat melalui berbagai media-media tertentu seperti televisi, internet, radio, dan lain sebagainya.

 

Media-Media yang di gunakan dalam beriklan yaitu :

Online

1.       Facebook

Beriklan di facebook lebih tepatnya menggunakan Facebook Fanpage (FP) adalah fasilitas yang diberikan oleh Google kepada para penggunanya yang ingin memasang iklan mengenai suatu produk / jasa. Jadi Fanpage ini semacam wadah khusus untuk mempromosikan produk di Facebook, jadi fitur yang ada di Fanpage juga disesuaikan untuk pemasangan iklan, salah satunya adalah adanya fitur Rating, yang memungkinkan orang untuk memberikan penilaian tentang produk / jasa Anda.

 

2.       Youtube

Siapa yang tak mengenal situs berbagi video terbesar ini ? ya, dia adalah YouTube yang digadang-gadang sebagai media pasang iklan masa depan. Pernah dengar berita bahwa promosi menggunakan Video akan menjadi trend di tahun yang akan datang ? pernyataan tersebut bukannya tanpa alasan, karena memang faktanya, orang lebih suka melihat video promosi daripada membaca artikel promosi.

 

3.       Instagram

Dengar namanya saja sudah terbayang bahwa sifat dan fungsi dari media sosial ini adalah untuk berbagi sesuatu dengan cara Instan. Namun tidak semua dapat dibagikan secara Instan di Instagram, yang dapat dibagikan disana adalah seperti Media gambar, foto, video secara Instan kepada Publik.

Untuk cara beriklan di Media sosial ini adalah dengan langsung menghubungi pihak Instagram, anda hanya tinggal membaca syarat, ketentuan dari Program Beriklan dengan Instagram. Dan jika anda rasa anda mampu untuk menjalankannya, maka anda tinggal selesaikan transaksi dan mulai berikan di Media sosial ini. Tidak ada kerugian yang akan anda dapatkan, pasti ada saja penggunanya yang tertarik dengan jasa atau produk yang anda tawarkan di sana.

4.       Google Plus

Situs ini merupakan media sosial nomer satu, anda dapat dengan leluasa memanfaatkan layanan dari media sosial ini. Tanpa harus takut dianggap spam, tanpa membayar biaya dari pengiklanan yang anda lakukan. Dengan menggunakan media sosial ini anda tidak usah mencari artis ataupun yang lain sebagainya untuk mempromosikan produk anda.

 

5.       Forum Online

Ads ID adalah forum publisher online terbesar di Indonesia dengan jumlah pengguna yang telah mencapai lebih dari 89 ribu orang, atau tepatnya sudah ada 89,228 member yang bergabung. Forum Ads ID juga memiliki categori forum yang diberi nama Trade, di forum Trade inilah kita bisa pasang iklan secara gratis.

Juga forum dengan traffic tinggi untuk beriklan, salah satunya lagi yaitu Kaskus. Kaskus memilki kategori forum khusus yang digunakan untuk berjualan online yang diberi nama FJB atau singkatan dari Forum Jual Beli. Kaskus FJB menerapkan sistem yang berbeda 180 derajat dibandingkan dengan situs-situs pasang iklan online yang lain (seperti berniaga / olx), karena di Kaskus FJB tidak mengenal istilah Review, jadi jika Anda pasang iklan di Kaskus FJB maka iklan tersebut akan langsung online (tayang) tanpa perlu meunggu persetujuan dari moderator. Ada banyak lagi forum forum online lainnya .

 

6.       Situs Ecomerce

Situs ecommerce merupakan sebuah situs dimana memiliki fungsi untuk menjual sebuah produk dagang. Di Indonesia sudah banyak ada situs ecommerce, namun tidak semua situs ecommerce dapat anda manfaatkan untuk beriklan. Seperti situs ecommerce yang bersifat pribadi atau menjual produknya sendiri. Namun anda tidak usah cemas atau gelisah karena ada beberapa situs ecommerce yang dapat anda gunakan layanannya secara gratis untuk mempromosikan produk atau jasa anda

7.    Iklan Artis

Ada dua (2) cara untuk beriklan dengan artis salah satunya yang sudah saya jelaskan diatas. Dimana beriklan dengan artis menggunakan media sosial. Tapi untuk cara yang kedua untuk berikan artis adalah, anda beriklan dengan sebuah stasiun televisi Indonesia. Seperti GlobatTv, NetTV… dan Tv lainnya. Maka otomatis yang akan mempromosikan produk anda adalah seorang artis, tidak mungkinkan jika anda sendiri yang main untuk mempromosikan produk diri sendiri. Maka dari itu diberi nama Iklan Artis:)

 

8.       Website/blog

Jika forum / situs jual beli dirasa kurang memfasilitasi Anda dalam mempromosikan produk secara online, maka Blog/website merupakan media yang paling tepat, karena kita bisa pasang iklan model apa saja dan dimana saja, mau dibagian header, sidebar ataupun footer juga bisa. Model iklan Pop Up pun juga sah-sah saja untuk kita pasang.

 

9.       Google Adword

Merupakan program google yang sangat tepat untuk melakukan peningkatan strategi pemasaran periklanan. Baik itu periklanan yang besar ataupun kecil. Sistem dari google adword adalah memanfaatkan  mesin pencarian Google sebagai media saran beriklan. Dan menggunakan kata kunci untuk menemukan iklan.

Cara beriklan seperti ini juga sering  disebut sebagai Search Engine Marketing atau dalam Bahasa Indonesia nya adalah Pemasaran/ Pengiklanan bersumber daya Mesin Pencari Google.

Dengan Google Adword anda dapat beriklan  disana untuk meningkatkan penghasilan bisnis anda. Dimana anda tidak perlu menawarkan satu persatu orang untuk produk anda. Karena jika anda sudah menjadi pengiklan di Adword Google lah yang akan mencarikan trafik secara otomatis yang akan datang ke situs anda.

Untuk masalah pembayaran anda, anda akan membayar sesuai berapa pengunjung yang datang ke situs anda. Jika yang datang ke situs anda cuma pengunjugn yang tidak sengaja berkunjung dan langsung pergi. Maka anda tidak akan membayar untu itu.

 

10.   BBM

Dengan BBM ternyata anda dapat  meningkatkan penghasilan usaha anda. Walau memang BBM (Black Berry Message) itu adalah sebuah apliaski yang berfungsi sebagai media chating saja. Namun dengan jalananya waktu sekarang BBm juga bisa digunakan untuk media beriklan dengan BBM. Banyak juga orang yang sudah beriklan disana. Disini juga ada 3 cara untuk beriklan, seperti berikut.

 

11.   OLX

OLX (sebelumnya Toko Bagus) juga merupakan tempat yang pas untuk memasang iklan secara online, sesuai dengan motonya yaitu 'Cara Tepat Jual Cepat' seolah-olah menggaransi iklan / produk yang Anda pasang bisa laku dengan cepat. Moto tersebut saya rasa selaras dengan pelayanan yang diberikan, karena memang moderator di OLX seolah-olah berjaga 24 jam, jadi saat kita pasang iklan, maka saat itu juga iklan akan tampil.

 

12.   Linkedin

Jika Facebook punya Fanpage maka LinkedIn juga punya Comunity Fanpage. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengendorse / mempopulerkan suatu perusahaan / produk / jasa. Namun, dari segi fungsi, sepertinya Comunity Fanpage dari LinkedIn lebih fokus untuk memperkenalkan sebuah perusahaan / startup. Tapi saya rasa tetap bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk / jasa.

 

Offline

1.       Televisi

Sejak dulu televisi adalah salah satu media paling diminati banyak orang karena menyajikan informasi, edukasi dan hiburan secara visual dan audio kepada penontonnya. Beriklan atau berpromosi di media televisi memiliki keunggulan yaitu jangkauan pemasarannya yang lebih luas dan menyajikan konten yang menarik. Namun memang promosi di TV memerlukan budget yang cukup mahal, mulai dari biaya pembuatan iklan hingga membayar space iklan di layar televisi. Sehingga tidak aneh jika mayoritas pengguna iklan ini adalah perusahaan korporasi yang sudah besar.

 

2.       Majalah

Meski mulai tergeser oleh media  online, namun majalah yang diproduksi secara fisik masih memiliki tempat di hati masyarakat. Kelebihan dari beriklan di majalah ialah target pembaca yang lebih spesifik. Karena biasanya sebuah majalah memiliki konten yang lebih segmented dan hanya ditujukan pada target pasar tertentu. Dengan ini iklan Anda pun bisa sampai kepada target yang juga lebih sepesifik.

 

3.       Radio

Sebagai salah satu media jadul, beriklan di radio masih menjadi salah satu primadona media yang digunakan oleh banyak orang. Biasanya didominasi oleh usaha-usaha menengah dengan jangkauan pasar lokal daerah tertentu. Kelebihannya iklan atau promosi di radio ialah menggunakan rangsangan suara dan dilakukan secara berulang-ulang, tanpa sadar iklan tersebut akan menancap di alam bawah sadar pendengar. Sehingga dalam banyak kasus beriklan di radio masih sangat efektif dilakukan. Hanya saja, seringkali iklan di radio dianggap sebagai gangguan dalam hiburan, sehingga kita perlu membuat sebuah iklan yang menarik dan betah untuk didengarkan.

 

4.       Surat Kabar

Meski sudah banyak media atau portal informasi secara online, namun nyatanya pengguna atau pembaca surat kabar masih cukup banyak. Terutama mereka yang belum tersentuh atau kurang cakap dalam dunia internet. Beriklan di surat kabar memiliki jangkauan yang cukup luas dan bisa diisi dengan konten fleksibel. Meski memang salah satu media yang memiliki masa yang singkat, dimana biasanya koran yang hari ini dibaca besok sudah dibuang atau digunakan untuk kepentingan lainnya.

 

Beberapa tujuan dari iklan yaitu :

1.       Media informasi: Iklan merupakan suatu media informasi produk yang disampaikan kepada konsumen.

2.       Proses iklan: Penyampaian informasi produk yang diprakarsai produsen untuk disampaikan melalui iklan ditujukan kepada konsumen sebagai penerima pesan.

3.       Komunikasi persuasive (Bujukan) : Membujuk (persuasi) yang diterapkan pada iklan mengakibatkan konsumen terbius masuk lingkaran konotasi positif terhadap produk yang diinformasikan.

4.       Reaksi Konsumen: Informasi yang jelas melalui iklan akan membuahkan reaksi atau tindakan hingga kesadaran untuk mengkonsumsi produk yang diinformasikan.

 

Dalam memasarkan sebuah produk, kita mesti ketahui beberapa cara beriklan yang baik sebagai berikut :

1.       Attention

Dalam hal ini sebuah iklan harus mampu menarik perhatian banyak orang. Akibat persaingan bisnis yang sangat luar biasa, maka anda harus bisa membuat iklan yang mengejutkan sehingga bisa menarik perhatian bagi siapa saja yang membacanya walaupun hanya untuk beberapa detik. Agar bisa menarik perhatian, maka anda harus pandai menggunakan kata-kata yang bombastis dan menarik. Judul yang Menarik, deskripsi yang jelas dan foto yang cerah dan bagus.

Misalnya, gunakan kata-kata best seller, terpercaya, dijamin 100%, garansi, diskon dan lain sebagainya yang sekiranya bisa membuat orang yang membaca menjadi terkesima. Usahakan anda mencetak kata-kata tersebut menggunakan huruf besar agar nampak spesial dan lebih fokus. Buatlah kalimat yang meyakinkan pembaca anda, misalnya “Obat pelangsing badan dijamin 100% alami tanpa efek samping”.

2.       Interest

Cara membuat iklan ini tidaklah sulit, yaitu dengan menunjukkan manfaat apa saja yang diperoleh jika menggunakan produk tersebut. Bukan itu saja, untuk meyakinkan pembaca anda harus menunjukkan bahan-bahan apa saja yang digunakan pada produk tersebut apa keahlian apa saja yang dimiliki oleh jasa tersebut.

Bisa juga menunjukkan testimony dari produk yang ada tawarkan. Testimoni juga dapat memberikan nilai plus pada produk dalam iklan anda. Maka dari itu usahakan untuk mendapatkan testimoni yang bagus terutama dari orang-orang yang terkenal. Hal tersebut dapat membuat konsumen menjadi yakin bahwa produk yang anda jual adalah produk yang berkualitas.

 

3.       Desire

Setelah anda berusaha untuk membuat pembaca tertarik, maka tugas anda selanjutnya adalah membuat pembaca memiliki keinginan untuk memiliki. Cara membuat iklan ini bisa dilakukan dengan membuat membuat pembaca ikut merasakan manfaat dari produk atau jasa dari bisnis anda melalui kata atau kalimat yang anda buat.

 

4.       Action

Maksud action di sini yaitu membuat pembaca mau melakukan tindakan untuk membeli atau menggunakan jasa anda. Sampai pada tahap pembaca tertarik dan ingin mencoba produk anda maka tugas anda selanjutnya adalah memberi cara bagaimana mereka bisa membeli atau memesan produk tersebut.

Caranya adalah dengan menambahkan alamat, nomer telepon atau lainnya yang bisa digunakan untuk memesan produk. Anda juga bisa menambahkan beberapa kata yang bisa membuat pembaca semakin yakin untuk membelinya. Contohnya  “Tunggu Apalagi, pesan segera dan dapatkan Diskon hingga 15%”.

 

5.       Difference

Cara terakhir adalah perbedaan. Perbedaan dalam hal ini yaitu bagaimana caranya supaya kalimat iklan yang kita buat berbeda dari kebanyakan iklan lainnya. Coba kita bayangkan mahalnya ide kreatif sebuah iklan, namun hasil yang didapatkannya sangat memuaskan dan melonjakkan penjualan hingga berkali-kali lipat, memang bukan hal mudah menemukan ide baru, namun dengan menemukan ide inspiratif baru akan menjadikan iklan anda menjadi perhatian banyak orang.

 

 



© 2014 - 2017 G-Land Property