Pas Bulan Puasa, Anak Kost-an Nggak Akan Ngelewatin 5 Usaha Unik Ini!
2017-06-09 15:57:26

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam, di antara kewajiban yang Allah Ta’ala wajibkan, dan telah diketahui dengan pasti bahwa puasa Ramadhan adalah bagian dari agama, serta berdasarkan kesepakatan (ijma’) kaum muslimin. Barangsiapa yang mengingkarinya (kewajiban puasa Ramadhan), maka dia telah salah.

Bulan Ramadan menyimpan tradisi dan keunikan tersendiri bagi umat Muslim sehingga kehadirannya pun begitu dinantikan. Banyak orang yang sudah mempersiapkan niat baik jasmani maupun rohani untuk menyambut bulan puasa ini biar bisa kuat dan tabah menjalani segala ujian. Termasuk juga anak kost, yang memiliki persiapan khusus untuk menghadapi bulan puasa di kota rantau.

Telah kita ketahui, anak kost dipaksa hidup mandiri dan mempersiapkan segalanya sendiri karena jauh dari orang tua, betul tidak ?? Kebanyakan anak kost mengartikan semua bulan di dalam kalender adalah bulan puasa. Menahan makan, minum dan membeli barang-barang yang dinginkan. Ini adalah alternatif terbaik untuk mengurangi pengeluaran uang bagi mereka. Belum lagi mereka yang kampung halamannya jauh, pastinya perlu menyisihkan biaya yang nggak sedikit demi bisa mudik saat lebaran tiba.

Tapi sekarang-sekarang, anak kost punya strategi agar mereka bisa makan enak dan berhemat walaupun mereka sedang menjalani ibadah puasa. Mau tau strateginya apa saja ??? yuk langsung saja simak beberapa ulasan berikut .

 

     1. Anak kosan lebih betah diam di masjid untuk dapat takjil gratis

Ini nih momen yang biasanya bikin anak rantau sedih dan mendadak kangen nggak ketulungan. Kangen suasana rumah beserta isinya, apalagi ibu, bapak, kakak, adek, Momen ramadhan di rumah dan di perantauan tentu memiliki sensasi yang amat sangat berbeda. Kalau di rumah, kamu tinggal terima jadi. Buka dan sahur tinggal makan dan menikmati. Ada ibu yang masakin dan senantiasa bangunin. Betulkan ?? :-p

Kamu anak rantauan ? ia ?? yah mesti memikirkan beberapa hari ke depan mau menu apa aja untuk buka puasa. Belum lagi sahurnya yang bikin ribet, dan harus bergantung sama yang namanya alarm. Kalau nggak bangun gimana? Ya kepaksa nggak sahur.

Yang namanya anak rantau kan pengennya hemat tuh, ngirit, biar kantong nggak bolong. 

         

Beberapa masjid memang menyediakan menu istimewa plus takjil yang nggak biasa untuk menu berbuka puasa. Biasanya anak kosan memanfaatkan momen ini, mereka pun rela survei masjid-masjid mana yang kerap menyediakan menu berbuka dan takjil gratisan buat para jemaahnya. Cara ini memang dirasa paling ampuh untuk bisa hemat maksimal hingga akhir bulan. Alih-alih ingin jelajah masjid buat ibadah, padahal alasan sebenarnya adalah untuk berbuka puasa gratis sehingga bisa mengurangi pengeluaran.

 

     2. Ingat hari-hari ulang tahun teman

         

Ingin berbuka puasa? Tapi dompet lagi kena serangan Kanke (Kantong Kering) hiks hiks.

Mungkin beberapa hal ini dapat membantu teman-teman :-D

Ingat tanggal –tanggal lahir teman anda, baik itu teman sekolah, teman maen, teman kampus dan lain lain. Yang namanya teman ya sudah harus wajib anda lakukan untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya. “biasa teman” :D, Siapa tau teman anda lagi berbaik hati mau ngajak traktir. Syukur-syukur ditawarin buat ikut buka bersama gratis alias traktiran. ‘Kan lumayan~ ;-) hhehhe

 

     3. Ngabuburit

Bahwasanya sebagian besar muslim di Indonesia akan familiar mengenai huruf-huruf yang terangkai menjadi sebuah kata, yaitu “Ngabuburit”. Ya, Ngabuburit bukanlah istilah asing bagi kebanyakan orang. Terlebih lagi istilah Ngabuburit akan kerap kita dengar dan kenal lebih mendalam saat bulan puasa Ramadhan datang. Karena disaat itu, istilah Ngabuburit menjadi lebih identik, eksis dan mendapatkan tempat tersendiri di lingkungan sekitar kita. Baik itu kerabat keluarga yang mengucapkannya, sahabat / teman, dan orang-orang yang kita kenal baik, seperti guru, dosen, rekan kerja, pimpinan kerja, dan lain sebagainya.

         

istilah ngabuburit yang berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari. Jadi ngabuburit yang biasa identik dengan bulan Ramadhan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ketika menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, atau biasa disebut menunggu waktu berbuka puasa. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika ngabuburit seperti jalan-jalan, mengaji bersama di mesjid, dan lain-lainnya.

Anak-anak muda sekarang melakukan ngabuburit dengan cara jalan-jalan bersama teman-temannya dan mampir di tempat keramaian. Pada jaman dulu, anak-anak melakukan ngabuburit dengan cara pergi ke Mesjid secara beramai-ramai untuk melaksanakan sholat maghrib berjama’ah.

Secara tidak langsung para anak-anak muda merasa ngabuburit itu adalah bagian penting saat puasa yaitu menunggu buka puasa (ngabuburit puasa) sehingga mereka menghabiskan waktu dengan sia-sia (atau malah melakukan dosa tanpa terasa). Padahal Islam tak pernah mengajarkan menunggu buka puasa dengan bersenang-senang, berduaan, jalan-jalan, dan menyia-nyiakan waktu. Alangkah baiknya jika menunggu berbuka puasa dengan kegiatan yang dapat menambah pahala.

Nah, Jika kamu berpikir bahwa ngabuburit itu harus selalu berdompet tebal dan membeli makanan mahal, kamu salah bro. Coba tilik gaya anak kost yang ngabuburit  tanpa harus bawa banyak duit. Mereka asyik saja berkeliling kota dari sore harinya, tak lupa juga untuk melintasi persimpangan jalan-jalan besar dan traffic light. Anda tau kenpa? Ya tentu saja di sanalah biasanya terdapat anak-anak Allah yang baik, membagikan takjil gratis buat para pengguna jalan untuk sekadar membatalkan puasanya. Nah, kesempatan ini pun nggak disia-siakan oleh kamu anak kos, untuk bisa berbuka puasa gratisan. Alhasil, saat bedug tiba, kamu sudah mengantongi beberapa bungkusan takjil dan makanan kecil untuk bisa disantap sebagai menu berbuka, kan lumayan lah yah :-D

 

     4. Makanan praktis untuk sahur

Saat sahur tiba, kebanyakan anak kosan pasti akan bergantung dengan warung-warung sekitar yang menjual makanan. Namun, daripada harus antri untuk membeli makanan dan masih harus membuang-buang uang, alangkah lebih baik jika kalian mulai membiasakan memasak menu sahur sendiri. Saya anjurkan untuk sementara buang rasa malas :-D kalo malas bangun ya gak masak donk, gak masak ya gk makan donk, klo gk makan ya bisa teler donk seharian, yah batal deh puasanya. Kwkw ;-(

Menu yang perlu anda siapin pun tidak perlu mewah dan tidak perlu ribet manteman.. beberapa opti yang bisa anda lakukan agar tetap bisa makan disaat sahur.. langsung saja …

a.       Sarden

Sarden atau orang pedalaman sering menyebutnya dengan ikan lele adalah makan yang sangat simple dalam menyiapinnya. Bagi manteman yang males masak, ini salah satu opsi terbaik pada saat ingin makan saat sahur. Penyiapannya hanya perlu membelinya di minimarket terdekat sebelum malam (persiapkan sebelumnya) lalu panaskan sebentar dan campurkan dengan nasi putih, cukup simpel kan?

b.       Roti Gandum

Nah opti kedua yang admin bagikan yaitu roti gandum, selain roti gandum adalah makanan yang baik dan sehat, juga bisa menolong manteman disaat ingin makan sahur pagi :-D karna jika makan nasi sudah biasa, cobalah makan dengan roti gandum. Karbohidrat yang terkandung di roti gandum juga dapat memberikan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk membuatmu kenyang lebih lama, konsumsilah roti gandum bersama dengan selai kacang dan susu hangat. Oke manteman ;-)

c.       Telur

Opti ketiga manteman yaitu telur, bagi kebanyakan anak kos saya lebih anjurkan untuk menyiapkan telur untuk makan saat sahur tiba. Kenapa? Wah  pasti manteman udah pada tau jawabannya, karna telur sangat banyak keuntungan nya manteman bagi tubuh dan kesehatan kita.

Telur adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Telur bisa didapat dari binatang ternak yang menghasilkan telur seperti ayam, angsa, itik dan bebek. Namun jenis telur yang lebih sering dipilih untuk dikonsumsi adalah telur yang berasal dari ayam kampung dan ayam ras.

Nah ini telur bisa jadi makanan andalan anak kost ketika sahur tiba, telur dadar ataupun ceplok. Dalam penyiapan nya juga sangat simpe manteman, manteman hanya perlu bahan dasar minyak atau mentega, telur dan sayuran seperti daun bawang atau cabai. Supaya lebih lezat, kamu bisa menambahkannya dengan saus atau kecap manis.

d.       Mie

Nah untuk opti yang terakhir, admin gk terlalu anjurkan manteman. Tapi bagi sebagian manteman kosan juga bisa saja mengonsumsi nya.  

Makan sahur dengan mie mungkin sering menjadi andalan para anak kos. Namun, makan dengan mie saja tentu akan membuatmu lapar lagi nantinya. Cara penyiapan juga sangat simple manteman, tinggalkan siapkan mie nya, panaskan airnya, dan rebus, jadi deh ..:-D, tapi manteman jangan lupa berdoa ya, semoga gak kena types deh.. :-D

 

     5. Pulang Kampung

         

Nah Saat anak kost sudah hilang akal untuk menghemat pengeluaran di bulan puasa, biasanya mereka akan mengambil pilihan terakhir. Pulang kampung atau mudik. Tempat dimana kebutuhan jasmanimu bakal terjamin. Makan sahur ada yang membangunkan, buka puasa pun ada yang menyiapkan. Berada di tengah-tengah keluarga memang nikmat yang tiada duanya.

 

Itu saja manteman yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat yah.. ;-)

Memang jadi anak kost itu nggak mudah manteman, perlu perjuangan buat bisa bertahan hidup dengan isi kantong yang pas-pasaan. Apalagi pas bulan puasa, dimana justru lebih banyak pengeluaran dibanding bulan-bulan biasanya. Tapi, memang cuma anak kost yang punya cara uniknya sendiri buat memenuhi kewajiban di bulan Puasa. Jadi tertawa sendiri kalau diingat-ingat. Yang semangat manteman ..:-D

 



© 2014 - 2017 G-Land Property